Tags

, , ,

KONTAK PERKASA FUTURES – Harga perak di perdagangan dunia harus gugur di akhir pekan perdagangan. Padahal sebelumnya harga bergerak naik. Turunnya harga perak dilihat karena aksi profit taking dan perang dagang.

KONTAK PERKASA FUTURES – Mengutip Bloomberg, pada penutupan perdagangan (22/3), harga perak kontrak pengiriman Mei 2019 berada di level US$ 15.41 per ons troi. Angka ini turun 0,19% dari harga sebelumnya yaitu US$ 15.44 per ons troi. Bahkan dalam sepekan angka ini naik 0,58.

KONTAK PERKASA FUTURES – Senior Research Asia Tradepoint Futures, Cahyo Dewanto harga perak umumnya masih dalam tren yang bullish seiring jumlah produksi yang turun. Dia bilang akhir tahun 2018 penurunan produksi perak capai 100 metrik ton atau turun 10%. Penurunan terjadi karena adanya pentulan tambang-tambang perak di Idaho seperti Lucky Friday.

“Nah pelemahan harga perak akhir pekan bisa terjadi karena aksi ambil untung (profit taking) di akhir pekan. Jadi sangat wajar pedagang ambil untung karena harga sempat menguat, walaupun secara teknikal harga masih di jalur bullish,” ujar Cahyo kepada Kontan.co.id, Jumat (22/3).

Disamping itu, harga perak melemah akhir pekan karena ketidakpastian perang dagang. Cahyo menuturkan ada pesimisme perundingan dagang yang muncul kembali. Hal ini ketika Presiden Trump yang mengatakan bahwa tarif impor atas China bisa bertahan lama.

“Pengusaha Industri China mulai khawatir terhadap prospek ekonomi kedepan. Ini membuat permintaan logam perak menurun, dan industri elektronik juga ikut menurun secara permintaan,” tandasnya.

Secara teknikal, Cahyo melihat harga masih akan koreksi namun bisa menguat. Terlihat harga berada di bawah garis moving average 50 namun diatas garis MA 100 dan 200. Sementara indikator RSI dan stochastic cukup berada di area netral. MACD berada dibawah area 12,26. Dan indikator ADX diatas area 14, begitu juga indikator CCI yang ada diatas area 14.

Untuk Senin (25/3), Cahyo memperkirakan harga perak berada di level US$ 15.30 sampai US$ 15.60 per ons troi. Sementara sepekan berada di rentang US$ 15.10 sampai US$ 15.75 per ons troi. Dia pun merekomendasikan buy.

Source : kontan.co.id

Advertisements