Tags

, , ,

PT KONTAK PERKASA FUTURES – Presiden Donald Trump mengecam OPEC dana memperingatkan agar menghentikan manipulasi pasar minyak. Trump juga menekan sekutu dekat AS dalam sebuah wawancara yang ditayangkan pada hari Minggu, serta mengancam sanksi terhadap perusahaan-perusahaan Eropa yang melakukan bisnis dengan Iran.

PT KONTAK PERKASA FUTURES – Presiden, dalam sebuah wawancara dalam “Sunday Morning Future with Maria Bartiromo” dari Fox News, juga mengatakan dia tidak akan menyelesaikan kesepakatan perdagangan NAFTA baru dengan Kanada dan Meksiko sampai setelah pemilihan kongres November berlangsung.

PT KONTAK PERKASA FUTURES – Trump, yang menghabiskan akhir pekan di properti golfnya di New Jersey, mengatakan lewat kicauan di Twitter pada hari Sabtu bahwa Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud telah setuju untuk memproduksi lebih banyak minyak.

Gedung Putih “meluruskan” komentar presiden dan mengatakan raja mengatakan negaranya dapat meningkatkan produksi minyak jika diperlukan.

Harga minyak naik pada hari Jumat karena kekhawatiran bahwa sanksi AS terhadap Iran akan mengurangi volume minyak mentah yang signifikan dari pasar dunia, sementara permintaan minyak di seluruh dunia meningkat.

Kenaikan harga bensin dapat menciptakan sakit kepala politik bagi Trump menjelang pemilu November mendatang dengan mengimbangi klaim Partai Republik bahwa pemotongan pajak dan kemunduran peraturan federal telah membantu meningkatkan perekonomian.

Pada Fox, Trump cenderung menyalahkan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) di mana Arab Saudi adalah anggota. Ditanya apakah seseorang memanipulasi pasar minyak, Trump mengatakan: “OPEC adalah dan mereka lebih baik menghentikannya karena kami melindungi negara-negara itu, banyak dari negara-negara itu.”

Presiden juga memiliki kata-kata kasar untuk sekutu AS lainnya. Awal tahun ini, karena kecewa terhadap mitra Eropa, Trump mengatakan dia akan menarik Amerika Serikat keluar dari perjanjian nuklir Iran yang dijamin oleh kekuatan dunia.

Dia mengatakan dalam wawancara Fox bahwa perusahaan-perusahaan Eropa akan menghadapi sanksi jika mereka berdagang dengan Iran sekarang.

“Tentu saja. Itulah yang kami lakukan, tentu saja,” katanya.

Trump akan berangkat ke Eropa akhir bulan ini untuk bertemu dengan sekutu NATO, yang dia kritik tajam karena membayar terlalu sedikit untuk pertahanan gabungan mereka.

Ketegangan perdagangan cenderung membayangi perjalanan itu. Trump telah memberlakukan tarif atas baja dan aluminium sebagai respon terhadap apa yang dia sebut praktik perdagangan tidak adil dari Eropa, Kanada, dan sekutu lain di seluruh dunia, yang telah menanggapi dengan sanksi balas dendam.

Mengenai perdagangan, presiden mengatakan dalam wawancara Fox bahwa dia tidak senang dengan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara dan tidak akan menyetujui yang baru sampai setelah pemilihan November.

“Saya ingin menunggu sampai setelah pemilihan,” katanya.

Source : kontan.co.id

Advertisements